Minggu, 02 Juni 2013

Ibu Hamil Hindari Obat Migrain demi Kesehatan Janin



Ibu Hamil Hindari Obat Migrain demi Kesehatan Janin
bulawayo24.co
Liputan6.com, New York : Ibu hamil rentan mengalami gangguan kesehatan. Tidak sedikit yang mengalami gangguan sakit kepala atau migrain. Ibu hamil yang berjuang dengan sakit kepala migrain tidak harus menggunakan obat-obatan yang mengandung bahan valproate.

US Food and Drug Administration (FDA) mengatakan obat-obatan berbahan valproate dapat menurunkan IQ anak, seperti dilansir Health.com, Rabu (29/5/2013). Obat-obatan ini sudah memberikan peringatan tentang risiko janin, termasuk cacat lahir.

Produk Valproate antara lain valproate natrium (Depacon), divalproex natrium (Depakote, Depakote CP, dan Depakote ER), dan asam valproik (Depakene dan Stavzor).

"Obat valproate tidak boleh digunakan pada wanita hamil untuk mencegah sakit kepala migrain karena sekarang kita memiliki data bahkan lebih yang menunjukkan risiko terhadap anak-anak lebih besar dibanding manfaat pengobatan," Direktur divisi neurologi produk di FDA Pusat Evaluasi dan Penelitian Obat, Dr Russell Katz.

Penelitian menemukan, anak-anak yang ibunya minum obat valproate untuk melindungi terhadap epilepsi selama kehamilan menyebabkan delapan sampai 11 poin lebih rendah saat tes IQ pada usia 6 tahun dibanding anak-anak yang terkena obat antiepilepsi lainnya di dalam rahim.

Valproate mungkin memiliki fungsi mengobati gangguan bipolar dan epilepsi pada wanita hamil, tapi obat itu hanya boleh dikonsumsi jika obat lain telah gagal mengontrol gejala atau sebaliknya, namun harus berkonsultasi dengan dokter.

Wanita yang sedang hamil atau yang hamil saat mengambil obat valproate harus konsultasi dengan dokter mengenai perawatan kesehatan mereka. Bukan berati wanita hamil tidak boleh mengonsumsi obat, namun harus lebih berhati-hati agar tidak berbahaya bagi kesehatan janin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar